Waspadai 6 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Ini !!

6 Dampak Negatif Penggunaan SmartphoneDampak Negatif Penggunaan Smartphone – Smartphone kini bukan menjadi hal yang asing lagi. Sejak dikeluarkannya pada tahun 2008 smartphone yang berbasis android mendapat tempat yang layak di hati masyarakat diseluruh dunia terutama Indonesia. Bukan hanya orang dewasa yang berkepintingan saja yang menggenakan smartphone bahkan anak – anak SD jaman sekarang sudah memiliki. Ya, jika dilhat dari umurnya memang belum pantas untuk memegang samrtphone karena segala konten bisa dibuka melalui internet dan mereka cenderung belum bisa memilih mana yang benar dan yang salah. Tapi, karena tuntutan kemajuan teknologi dan para orang tak mau jika anaknya “gaptek” merekapun membelikannya samrtphone diusia dini.

Sebenarnya jika smartphone digunakan dengan bijak memiliki banyak keuntungan. Yakni anda bisa terhubung dengan teman, rekan bisnis bahkan gebetan. Selain itu, fiture didalam android yang bergam sangat membatu kita dalam kehidupan sehari hari misalnya GPS, WiFi, Penanda Waktu Sholat, Al - Quran Online dan berbagai ilmu pengetahuan bisa dicari disana.
Namun, selain memiliki keuntungan atau kelebihan samrphone juga memiliki dampak negatif yang secara tidak langsung kita terima. Apa saja itu ? berikut adalah 6 dampak penggunaan smarphone bagi anak dan pelajar bahkan orang dewasa.

1. Kecanduan
Rata – rata para pengguna menjadi ketergantungan dengan samrphone yang ia miliki. Bahkan sehari tanpa smarphone serasa bosan hidupnya. Dan biasanya yang mengalami kecanduan smarphone ini adalah para remaja yang baru beranjak dewasa.

Wajar saja jika mereka kecandua. Pasalnya fiture yang diberikan pada samrphone ini membuat kita tidak bisa berpaling. Seperti aplikasi sosial media yang membuat jarak menjadi tidak ada. Kita bisa berteman dengan orang di seluruh dunia tanpa harus bertemu langsung. Selain itu, terdapat juga game yang disediakan oleh play store yang bisa bebas anda unduh dan memainkannya.
Hal ini juga yang membuat beberapa anak yang memiliki smartphone menjadi malas. Mereka lebih asik dengan smarphonenya sehingga hal yang harusnya ia lakukan pun diabaikan demi smarphone.

2. Merusak Pengelihatan
Waspadai 6 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Ini !!
Merusak pengelihatan merupakan salah satu dampak yang bisa ditimbulkan oleh smarphone. Pasalnya jika kita sedang mememgang smarphone baik disadari atau tidak ritme kedipan mata kita mulai melambat. Untuk mata normal biasanya berkedi sebanyak 15 – 20 permenit. Tapi saat kita menggunakan samrphone bisa berkurang lebih dari setengahnya, kira – kira 5-8 kali kedipan permenit. Hal ini akan berdapak pada mata menjadi kering dan dapat berakibat buruk jika dalam jangka panjang. 

3. Mengakibatkan Rabun Jauh

Rabun jauh atau yang sering disebut miopi merupakan sebuah gangguan mata dimana seseorang tidak dapat melihat dalam jarak yang jauh sehingga memerlukan bantuan kacamata cekung. Hal ini diakibatkan oleh ketegangan otot saat melihat smartphone dalam jangka yang lama. Sehingga jika anda melihat benda di jarak kejauhan akan terlihat blur dan tidak jelas terutama tulisan.

4. Merusak Otak
Waspadai 6 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Ini !!
Merusak otak merupakan salah satu dampak negatif yang paling berbahaya yang diakibatkan oleh penggunaan smarphonre. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penggunaan smartphone akan mengakibatkan tumor otak dan insomia yang diakibatkan dari radiasi ponsel yang ditimbulkan. Namun, hasil penelitian tersebut masih menjadi kontroversi diberbagai wilayah. Selain itu, menatap ponsel terlalu lama juga dapat mengakibatkan sakit kepala hingga mual.

5. Sulit Tidur
Waspadai 6 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Ini !!
Jika anda sudah mengenal dengan smarphone dapat dipastikan waktu tidur anda akan semakin malam. Pasalnya memainkan smartphone lebih asik di malam hari dibandingkan dengan siang hari. Mulai dari bersosial media, chattingan dan yang lainnya.
Selain itu, smarphone juga diduga mengeluarkan sinar biru yang akan berdamdap pada hormon manusia yang mengakibatkan sulitnya memejamkan mata untuk tidur. Dan juga jangan taruh ponsel didekat anda saat tidur karena akan merusak kualitas tidur anda akibat radiasi yang ditimbulkan.

6. Merusak Postur Tubuh
Waspadai 6 Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Ini !!
Bagaimana bisa dengan memainkan ponsel dapat merusak postur tubuh ? ya itu bisa saja terjadi jika anda tidak disiplin. Pasalnya orang yang memainkan smartphone lebih memilih mencari tempat yang enak ataus ering disebut “pw” tanpa memperhatikan posisi duduknya.

Demikian ulasan mengenai 6 Dampak Negatif Penggunaan Samrphone pada segala usia terutama para remaja. Nah, disini pentingnya peran orang tua agar hal – hal diatas tidak terjadi. Orang tua harus bijak kapang anaknya boleh menggunakan smartphone dan membatasi pengguaannya seperti hal membatasi atau memanagement penggunaan ponsel pada anak.



Komentar