6 Ledakan Bom Terbesar di Dunia

Bom adalah alat yang digunakan untuk meledakan suatu tempat atau suatu barang. Bom sendiri memiliki banyak macam nya, ada bom atom, bom molotov, bom granat, dan lain-lain. Dan tak jarang bom memiliki kekuatan hulu ledak yang luar biasa seiring kecanggihan teknologi. Kali ini di blog saya, akan membagikan tentang apa saja kejadian ledakan bom terbesar di dunia. 

Berikut ulasannya... 

1. The Trinity Blast
Image by : Rare Historical Photos

The Trinity Blast adalah salah satu ledakan bom terbesar sepanjang sejarah. Bom atom ini adalah bom atom pertama sepanjang sejarah yang dijuluki "the gadget". Ledakan terjadi di Situs Trinity dekat Alamogordo, New Mexiko pada tahun 1945. Bom ini meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT. Baru-baru ini para ilmuan menemukan bahwa masyarakat di New Mexiko telah terkena dampak akibat radiasi dari batas yang telah direkomendasikan.

2. Ledakan Bom di Kota Oklahoma
Image by : Rep. Eusosialis Tawon

Pada 19 April 1995 sebuah ledakan terjadi di kota Oklahoma, Amerika Serikat. Kasus ledakan ini adalah serangan teroris lokal terbesae kedua sepanjang sejarah Amerika Serikat, ledakan ini juga mampu menewaskan 168 warga sipil. Menurut analisis, bom itu dibawa oleh sebuah truk sewaan, lalu diledakan di jalan depan gedung pada 19 April 1995. Truk sewaan tersebut berisi 2.300 kg bahan peledak yang dibuat dari amoniak nitrat.

3. Ledakan bom Hiroshima Yang di Lakukan AS
Image by : Solopos.com

Pada perang dunia II, tepatnya pada akhir-akhir perang di tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 sebuah bom nuklir dengan kekuatan hulu ledak yang sangat besar dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat. 

Ledakan itu mampu melululantahkan dua kota yang ada di Jepang tersebut. Tercatat lebih dari 8 ribu orang tewas dalam sekejap pada peristiwa tersebut itu. Bom ini dinamai "Little Boy" oleh AS. 

Saking hebatnya radiasi yang ditimbulkan oleh "Little Boy", ribuan orang pun tewas dalam hitungan bulan. Pada Agustus 2014, Hiroshima dan Nagasaki telah merilis daftar nama-nama lebih dari 400 ribu orang yang tewas dalam peristiwa ini, sebagian besar warga sipil tewas di Hiroshima.

4. Serangan Bom di Istanbul
Image by : dw.com

Serangan bom besar-besaran terjadi di kota Istanbul, Turki pada 15 sampai 20 November 2003. Sebanyak empat truk bom meledak di kota tersebut. Ledakan itu mampu menewaskan 58 orang dan 700 lainnya mengalami luka yang cukup serius. Pemerintah Turki meyakini adalah perbuatan dari militan Al-Qaeda.

5. Bom Bali 2002
Image by : Ngadem.com

Bom Bali 2002 atau bisa di sebut Bom Bali 1 ini adalah salah atau ledakan dari serangan bom terbesar di Indonesia. Pemboman terjadi pada malam hari tepatnya tanggal 12 Oktober 2002. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy's Pub dan Sari Club di jalan Legian, Kuta, Bali. lalu ledakan terakhir terjadi di kantor Konsultan Amerika Serikat. Tercatat 202 korban meninggal, 209 orang mengalami luka serius karena bom ini. Diduga dalang dibalik pemboman ini adalah Amrozi dan kawan-kawan yang berjumlah lebih dari 20 orang.

6. Tragedi WTC
Image by : 

Pada 11 September 2001 menara kembar ini mengalami serangkaian empat serangan bom bunuh diri yang telah ter target di New York City dan Washington DC. Untuk meng-cover aksinya, para pelaku membajak empat pesawat dari kelompok militan Al-Qaeda. Para pembajak pesawat itu sengaja menabrakan pesawat nya ke gedung kembar WTC di New York City. Lalu menara itu pun runtuh dalam kurun waktu dua jam. Menurut laporan tim investigasi 911, sebanyak lebih dari 3000 jiwa tewas dalam serangan ini.




Komentar