6 Fakta Mengejutkan Tentang Restoran KFC

Siapa sih yang tidak tahu restoran KFC ?.. Hampir seluruh orang di dunia khususnya di Indonesia sangat mengenal dengan makanan yang menyajikan olahan daging ayam ini. KFC memang menjadi salah satu restoran terkenal dan ter-favorit di Indonesia, ratusan cabangnya juga telah tertanam di Indonesia. 

Bagi kalian yang gemar menyantap KFC mungkin kalian harus tahu nih 6 fakta mengejutkan tentang KFC yang jarang diketahui orang-orang. 

Apa aja sih 6 fakta mengejutkan tentang KFC ?, berikut ini ulasannya...

1. Sang Pendiri Mengutuk Restoran nya Sendiri

Bisnis KFC yang saat itu sedang populer akhirnya dijual. Walaupun sudah dijual, namun pemilik baru KFC tetap menggunakan citra perusahaan yang telah ada dengan mengangkat Kolonel Sanders sebagai duta perusahaan KFC. Ya, memang Kolonel Sanders sejatinya adalah yang pendiri sekaligus penemu restoran KFC. 

Meskipun KFC sudah dijual, namun sang Kolonel tetapi ingin menguji rasa dari ayam gorengnya tersebut dengan berkeliling ke seluruh Amerika dan mengunjungi satu persatu restoran KFC lalu mencicipi ayam goreng disana. Jika ia tidak suka dengan apa yang dilihat atau dimakan, maka Sanders pun langsung memberitahu staff restoran tersebut dan tidak segan komentar dengan kata-kata kasar atau sumpah serapah.

Lalu ia memutuskan untuk membuka restoran baru untuk menjadi pesain KFC yang bernama "The Colonel's Lady". Namun KFC menggugat Sanders atas pembukaan restoran tersebut. Dan akhirnya KFC memenangkan gugatan tersebut dan memaksa Sanders untuk membayar kompensasi sebesar Rp. 13 miliar. Jadi tahu kan kenapa Kolonel Sanders mengutuk restorannya sendiri. 

2.  Kegagalan-kegagalan Sang Kolonel
Kesuksesan hanya bagi mereka yang tetap berusaha walaupun sudah terjatuh berulang-ulang kali. Begitu juga yang dialami oleh sang pendiri KFC yaitu Kolonel Sanders. Dirinya tidak langsung begitu saja dapat mendirikan restoran KFC. Dalam hidupnya selalu dipenuhi kegagalan, seperti terpaksa meninggalkan sekolah saat di kelas 1 atau batu masuk SMP. Lalu sebelum mendirikan KFC dia pernah bekerja sebagai petani, pemadam kebakaran, sampai menjadi anggota sekolah penerbangan. 

Kegagalan tidak berhenti sampai di situ saja. Sekitar tahun 1950, Kolonel Sanders juga menawarkan bisnis ayamnya di Amerika dan Kanada dengan mengendarai mobil. Namun yang terjadi adalah penawaran tersebut ditolak sampai 1000 kali dan pertama kali ia diterima untuk berbisnis bersama pada pada penolakan ke 1008. Dan produksi pertama kali ayam goreng KFC itu pada 1952 yang wadahnya berupa ember.

3. Resep Asli
Pada tahun 2007 lalu, KFC resmi memutuskan untuk tetap menggunakan resep asli yang ada sejak KFC ditemukan. Namun untuk menggoreng ayamnya minyak yang digunakan akan dirubah. Minyak yang digunakan KFC mengandung sedikit lemak untuk kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan minyak yang sebelumnya dipakai. Berkat pergantian minyak goreng tersebut, maka produk KFC mengandung Zero Trans Fat Gram per porsi yang berarti lemaknya sangat sedikit bahkan hampir nol. 

4. Hampir Selalu Diboikot Ormas 

Hadirnya kabar bahwa banyak sekali pelanggaran hak hewan yang dilakukan oleh pihak KFC membuat banyak Organisasi Masyarakat seperti PETA menjadi marah. Akibat kabar yang beredar tentang penyikasaan dan pembantaian hewan secara brutal yang dilakukan oleh KFC sebelum ayam tersebut diolah menjadi ayam goreng, PETA sebagai organisasi masyarakat yang anti terhadap pelanggaran hak hewan selalu memboikot restoran KFC tersebut. 

5. Perubahan Nama 

Karena banyaknya boikot dan tuntutan yang menyerang KFC terus menerus, akhirnya KFC mengambil tindakan bahwa harus ada pergantian nama dari yang tadinya Kentucky Fried Chicken menjadi Kitchen Fresh Chicken. Dengan perubahan nama ini, pihak KFC berharap bahwa tuntutan dan boikot yang ada dapat dihindari dan terselesaikan. 

6. KFC di Indonesia

Di Indonesia KFC adalah salah satu restoran paling populer dan disukai. Oleh karena itu KFC di Indonesia juga dapat memenuhi selera para konsumen lokalnya dengan membuat ekstra menu pilihan seperti nasi, salad, perkedel, jagung manis, dan produk-produk lain nya yang dapat dimakan oleh para konsumen lokal. Tidak hanya itu saja, menu-menu yang tersedia itu juga dapat berkembang dengan baik karena rasa nya yang sesuai dengan lidah orang lokal.  

Komentar