6 Fakta Mengejutkan Tentang Air

Fakta Mengejutkan Tentang Air - Air adalah salah satu komponen terpenting bagi kehidupan di dunia. Bayangkan jika tidak adanya air akan mustahil semua makhluk hidup di dunia akan dapat bertahan hidup dengan normal dan tentunya keseimbangan lingkungan menjadi berantakan. 

Tapi bagi kita para umat manusia, tahukah bahwa air menyimpan segudang keunikan dan fakta yang cukup mengejutkan dan belum kita ketahui sebelumnya, mau tahu apa saja sih fakta mengejutkan tersebut ? berikut ulasannya...

1. Jumlah Air di Bumi
Tahukah kalian berapa sih jumlah air seluruhnya di muka bumi ini ?.. 
Sebanyak lebih dari 71% permukaan bumi ini di dominasi oleh air, dengan begitu berarti sebagian besar wilayah bumi adalah air atau lautan luas. Namun terdapat juga perbandingan antara air laut dan air tawar adalah 97% air laut ( air asin ) dan 3% air tawar. 

Dan percayakah kalian jika hanya sekitar 30% dari 3% air tawar yang tersimpan dalam tanah ? benar-benar sedikit sekali ya ?.. Lalu kemanakah yang 70% lagi ?.. yang 70% lagi terdapat di kutub-kutub bumi, di sana air tawar yang sebanyak 70% menjadi salju abadi. Dan yang mengejutkan nya lagi adalah hanya sekitar 1% saja air permukaan yang bisa dipergunakan dengan mudah yang biasanya terletak di sungai, danau, dan rawa. 

2. Jumlah Air yang Dibutuhkan
Percaya tidak kalau semua manusia di bumi ini hanya membutuhkan 8% dari air tawar yang ada di bumi untuk keperluan mandi, minum, mencuci. Lalu kemanakah sisa air tawar nya lagi. Sebuah data menunjukan bahwa penggunaan air tawar terbanyak itu terdapat pada pertanian yang memerlukan sekitar 70%. dari air tawar yang ada. Dan di tempat kedua itu penggunaan air terbanyak yaitu dalam perindustrian yang memerlukan sebanyak 22% dari jumlah air tawar yang ada di bumi. 

3. Air yang Kita Minum Bisa Jadi Berisi Sama Dengan Molekul Air yang Pernah Diminum Orang Lain
Fakta mengejutkan selanjutnya adalah molekul air yang kita minum bisa jadi adalah molekul yang sama dengan molekul air yang orang lain minum. Itu berarti bisa saja air yang ada dalam tubuh kita adalah air yang berasal dari tubuh orang lain. Kok bisa ?.. Ingat, air selalu dapat diperbarui, tetapi bagaimana bisa ??..

Jadi setiap kita selesai buang air kecil (pipis), air tersebut akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan pasti tanah. Setelah air sampai di tanah, kemudian air akan meresap ke dalam tanah lalu tersaring lagi secara alami setelah itu air sudah diperbarui kembali. Jadi air yang sudah diperbarui itu lah yang kemudian diolah menjadi air mineral yang kita minum. 

4. Satu-satunya Benda yang Memiliki Substansi  
Satu-satunya benda di bumi yang memiliki substansi adalah air. Ya, air memang memiliki tiga bentuk substansi yang terbentuk secara alami di bumi, substansi tersebut adalah gas, padat, dan cair. Sebagai contoh adalah jika air dalam bentuk gas kita dapat melihat bahwa air tersebut berwujud embun atau uap, jika cair ya air itu sendiri dan jika padat, berarti berwujud es. 

5. Jumlah Air Dalam Tubuh Manusia

Kita sebagai manusia harus mengetahui tentang kebutuhan organ tubuh kita akan air yang kita konsumsi. Normalnya tubuh kita setidaknya membutuhkan sekitar 36 liter air untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh dalam. Sebanyak 75% air dibutuhkan untuk bagian otak, 25% air dibutuhkan untuk tulang, 83% air dibutuhkan untuk darah, 86% untuk paru-paru, 75% untuk jantung, 83% untuk hati, dan sebanyak 83% dibutuhkan untuk pinggang manusia. 

6. Jumlah Penguapan Air yang Disebabkan Matahari

Tahukah kalian berapa jumlah air menguap yang disebabkan oleh matahari setiap harinya ?..
Matahari setiap harinya mampu menguapkan sekitar 1 triliun ton air yang tersedia di bumi ini. Akibatnya pohon juga mengeluarkan sebanyak 265 liter air atau setara dengan 70 galon berisi air dalam setiap harinya. Jadi bayangkan guys, betapa banyak air yang menguap yang disebabkan matahari. Namun tentunya matahari juga akan mengembalikan air tersebut dalam bentuk hujan yang berasal dari awan-awan yang terbentuk dari uapan teersebut. 


Komentar