6 Kabar Hoax yang Menggemparkan Indonesia

Kabar Hoax yang Menggemparkan Indonesia - Tanah air kini memang sedang dilanda beredarnya banyak berita hoax, namun masih banyak yang tidak tahu bahwa itu kabar hoax atau sungguhan, jadi kesannya itu seperti orang yang sedang mencari setitik cahaya di kegelapan. 

Kabar hoax atau kabar isapan jempol belaka sungguh sangat merugikan bagi orang yang mendapatkan informasi tersebut. Bukan tidak mungkin, dengan adanya kabar hoax ini bisa berpeluang untuk memecah belah suatu umat. Dari banyaknya kabar hoax yang beredar di Indonesia, berikut akan ditampilkan beberapa yang dapat menggemparkan Indonesia.

1.  Berita Ahok dan Habib Rizieq Berjabat Tangan
Beberapa minggu lalu sempat beredar tentang foto Ahok dan Habib Rizieq sedang berjabat tangan layaknya seorang teman. Apakah ini benar ??.. tentu tidak. Foto ini adalah murni foto editan orang yang iseng. Foto ini diambil dari dua sumber yang berbeda kemudian diedit menggunakan software yang bernama Adobe Photoshop oleh akun yang bernama aganharahap. Dia memang merupakan orang yang dikenal sebagai seniman photoshop. Bukan hanya foto ini yang telah dia edit, namun masih banyak lagi seperti, Kim Kardashian, Manny Pacquiao dan sebagainya. 

2. 500 Orang Datang dari Cina Untuk Dukung Ahok ?
Pada akhir Oktober silam terdengar kabar bahwa pasukan sebanyak 500 orang yang datang langsung dari Cina datang untuk mendukung Ahok. Kabar tersebut beredar banyak ditemukan di Internet, seakan-akan seperti laporan antara polisi dan komandannya lewat aplikasi Whatsapp. Inti dari isi pesan tersebut adalah pasukan yang datang langsung dari Cina akan menghadapi demo bela Islam untuk membela Ahok. Namun dengan sigap Polisi telah menyatakan bahwa kabar berita ini adalah isapan jempol belaka atau hoax. 

3. Ahok dan Djarot Berselisih

Belum lama ini ada berita tidak mengenakan bagi paslon Gubernur DKI nomor urut 2 yaitu Ahok-Djarot. Kabar tersebut menyebutkan bahwa, Djarot sempat masuk ke rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan karena dilempar kotak tisu dan oleh pasangannya yaitu Ahok. Sontak kabar ini pun menjadi perbincangan luas dan menggemparkan. 

Namun ternyata kabar tersebut ditepis oleh sekretaris Tim Sukses Ahok-Djarot, dia mengatakan bahwa ini adalah kabar hoax. Menurutnya selama ini hubungan diantara mereka benar-benar terjaga dan tidak ada konflik apapun. Djarot juga menambahkan bahwa dia masuk rumah sakit lantaran dirinya terserang sakit gigi dan flu. Jadi berita ini adalah bohong alias hoax. 

4. FPI Akan Jadi Partai Islam

Tersebar kabar bahwa Front Pembela Islam (FPI) akan mengubah status ke-organisasi-an mereka yang tadinya organisasi masyarakat menjadi partai Islam, dan kabar ini benar-benar beredar luas. Namun salah satu petinggi FPI yaitu Ahmad Sobri Lubis menyatakan berita itu adalah hoax alias bohong. Sobri juga menambahkan pernyataannya yaitu dari pada menjadi sebuah partai, lebih baik seperti ini karena memiliki cangkupan yang luas, "Kalau partai kan menjadi kecil, Kenapa kami mengecilkan diri kami ?" tambahnya. Menurut Sekertaris Jenderal (SekJen) FPI, sama sekali tidak ada keinginan untuk mengubah FPI menjadi partai Islam, "jangankan buat partai, niat bikin aja nggak pernah" katanya. 

5.  Kedutaan Turki yang Mendukung Aksi Demonstran 4 November 

Kabar mengenai Duta Besar (DuBes) Turki di Indonesia yang mendukung aksi unjuk rasa pada 4 November silam adalah hoax alias bohong. Duta besar Turki di Indonesia yaitu Mehmet Kadri Sander Gurbuz mengklarifikasi bahwa dia membantah kabar tersebut. 

Kabar tersebut berasal dari cuitan salah satu akun yaitu @SetioDarmadi pada 3 November, satu hari menjelang aksi unjuk rasa tersebut. Dalam cuitannya dia mengucapkan "atas dukungannya pada Aksi Bela Qur'an besok. Kami akan memastikan bahwa (gubernur Jakarta)@basuki_btp akan mendapat hukumannya dengan segera". Dalam situs Kedubes Turki juga menjelaskan bahwa Wakil pertahanan Republik Turki sedang berada di Jakarta untuk menghadiri pameran industri pertahanan di IndoDefence, serta mengunjungi Monas dan masjid Istiqlal, kegiatan ini tidak ada hubungannya dengan aksi 4 November. 

6. Ular Raksasa di Kalimantan 
Masyarakat pernah di hebohkan dengan munculnya sesosok ular raksasa yang sangat besar di Kalimantan, bahkan bukan hanya warga Indonesia saja yang dihebohkan, namun masyarakat dunia juga turut dihebohkan. Foto ini berawal dari surat kabar Telegraph di London pada 20 Februari 2009, menurut keterangan, foto itu diambil dari sebuah helikopter yang sedang diatas sungai Bales. Dengan seketika setelah foto itu beredar di internet, hal tersebut langsung membuat heboh dunia. 

Komentar