6 Kepala Negara Paling Kontroversial di Dunia

Kepala negara paling kontroversial - Pemimpin layaknya memiliki karisma dan gayanya masing-masing dalam menjalankan tugas dan perannya dengan gaya yang berbeda-beda itu ada sebagian di antara mereka yang dianggap memiliki gaya kepemimpinan diktator dan kejam terhadap orang-orang, entah itu rakyatnya sendiri atau justru masyarakat lainnya di luar negaranya. Pemimpin ini memiliki ketegasan yang seringkali di-identikan dengan kekerasan dan penggunaan kekuatan.

Berbicara lebih lanjut mengenai pemimpin dan gayanya dalam menjalankan tugasnya, maka berikut ini ada 5 orang pemimpin negara yang dianggap sebagai yang terkejam dalam menjalankan pemerintahannya. Simak di bawah ini!

1. Adolf Hitler
Nama Adolf Hitler mungkin diketahui sebagai salahseorang tokoh yang paling dikenal sebagai seorang pemimpin yang sangat diktator dan pelaku genosida yang sangat besar jumlahnya, meskipun memang masih anyak terjadi kesimpang siuran di dalamnya, nama Hitler tetap dipandang sebagai tokoh yang sangat diktator. Di bawah pemerintahannya Jerman muncul sebagai sebuah negera yang besar dan kuat dengan pemahaman chauvinisme yang begitu mendarah daging.Dari semua aksinya, yang paling dikenal dan paling bersejarah adalah peristiwa holocasut yang menyebabkan jutaan nyawa manusia khususnya orang Yahudi melayang di kamar-kamar gas beracun.

2. Richard Nixon
Richard Nixon dikaitkan dengan terkenal "Skandal Watergate". Pada pertengahan 1972, lima orang yang tertangkap mencoba untuk menginstal perangkat mendengarkan di dalam kompleks Watergate pada urutan Nixon. Dia secara publik menyangkal hal ini tetapi selama persidangan itu terungkap bahwa presiden memiliki rekaman pembicaraan rahasia kantor oval juga. kaset ini rusak dan beberapa hilang setelah pembebasan mereka. Kabar penanaman perangkat mendengarkan pada orang-orang yang Nixon pikir mencurigakan juga menjadi pengetahuan umum di kalangan massa. 

3. Soeharto
Presiden otoriter Indonesia ini meraih tampuk kekuasaan setelah berhasil melengserkan Presiden Soekarno pada 1966 melalui kudeta rahasia Partai Komunis. Soeharto adalah pemimpin Indonesia yang paling condong ke Barat, yang menjauhi Timur dengan cara memberantas rakyat yang dianggap anggota Partai Komunis Indonesia. Presiden Soeharto adalah salah satu yang paling kontroversial di dunia. Sebagai pemimpin pro-Barat, yang selalu meributkan HAM dan demokrasi, ia harusnya menjunjung tinggi dua hal tersebut. Tapi kenyataannya, ia justru menjadi pemimpin otoriter yang menutup pintu pers dan demokrasi. Lucunya, setiap tindakan tidak demokratis yang ia lakukan, seperti membiarkan korupsi merajalela, selalu mengatasnamakan demokrasi. Presiden Soeharto akhirnya dijatuhkan melalui aksi demonstrasi besar-besaran pada 1998 setelah berkuasa selama 32 tahun.

4.George W. Bush
Dari menginvasi Irak pada tahun 2003 di bawah kepura-puraan bahwa negara memiliki senjata pemusnah massal dan menyebutnya sebagai "poros kejahatan" untuk "mengamankan" Afghanistan pada tahun 2001 untuk menggulingkan rezim Taliban, Presiden Bush tentu salah satu presiden paling kontroversial. Banyak orang mempertanyakan teknik interogasi yang disetujui oleh pemerintahannya sementara beberapa menyalahkannya karena resesi ekonomi selama masa jabatannya. 

5. Kim Jong-il

Siapasih yang tidak kenal dengan salah satu pemimpin korea utara Kim Jong Il ?. Dimana dirininya  merupakan Pemimpin tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea atau korea utara ini?. Dimana dirinya merupakan salah satu pemimpin negara komunis yang cukup ekstrim ini?. Ayah dari pemimpin korea utara saat ini yakni Kim Jong Un memang dikenal dengan ketegasannya. Dimana sebagai negara komunis ekstrem dirinya sama sekali tidak mengijinkan demokrasi. Terutama hal yang dianggapnya sangat membahayakan posisinya tersebut. Dan dalam kepemimpinannya ekonomi negaranya pernah dilanda krisis parah. Dimana negaranya pernah dilanda krisis kelaparan yang sangat hebat.

6.  Idi Amin Dada

Kiprah Idi Amin Dada sebagai seorang pemimpin negara Uganda dinilai begitu sangat kontroversial. Pelanggaran Hak Asasi Manusia, penganiayaan etik dan penyiksaan politik menandai kiprahnya sebagai pemimpin yang diktator. Salahsatu bentuk kediktatoran dari rezim Idi Amin yang terlihat sangat nyata adalah penngusiran orang asing yang mendiami Uganda kala itu, Idi Amin bahkan menendang keluar warga asing yang telah memiliki kewarganegaraan Uganda kala itu, dan hasilnya mereka mengalami krisis moneter dan keuangan yang luar biasa besarnya.



Komentar