6 Fakta Menarik Tentang Bumi yang Wajib Diketahui

Fakta Menarik dan Unik Tentang Bumi - Jika kita membahas mengenai bumi memang tidak akan ada habisnya. Bumi dimana tempat kita tinggal menyimpan banyak sekali rahasia yang tidak tentu kita ketahui. Berbagai jenis makhluk dapat hidup di muka bumi ini, mulai dari makhluk hidup, makhluk tidak bernyawa, bahkan makhluk astral sekalipun. 

Kali ini saya akan membahas mengenai berbagai fakta menarik tentang bumi ini yang tidak kita ketahui sebelumnya. 

Langsung saja berikut informasi selengkapnya...

1. Satu-Satunya Planet yang Memiliki Makhluk Hidup
Dari sekian banyaknya ratusan planet yang ada di alam semesta ini, hanya bumi lah yang memiliki kehidupan. Mungkin hanya bumi lah yang memang memiliki aspek mendukung untuk terciptanya kehidupan.

Penelitian yang selama ini dilakukan oleh para ilmuan untuk mencari tau apakah ada kehidupan lain selain di bumi ini. Namun mereka menyatakan bahwa, belum melihat ada tanda-tanda kehidupan di planet lain. 

2. Memiliki Planet Kembar

Tahukah kalian jika bumi ini memiliki planet kembar ?. Dahulu sekitar 4 miliar tahun yang lalu, bumi memiliki kembaran, nama kembarannya yaitu Theia. Theia ini disebut-sebut memiliki sebuah bentuk secara fisik agak mirip dengan bumi, walaupun dalam segi aspek kehidupan bumi masih lebih unggul. Disebutkan bahwa dulu sekitar 4 miliar tahun lalu telah terjadi tabrakan antara bumi dan juga Theia, dan akhirnya tabrakan itu terbentuklah bulan. 

3. Di Bumi, Sehari itu Tidak 24 Jam
 
Kita sudah terbiasa di bumi dengan waktu dalam sehari terdapat 24 jam. Namun, pada kenyataannya waktu di bumi ini tidaklah 24 jam melainkan 23 jam 56 menit 4 detik, dimana hal tersebut berbeda beberapa menit dalam berotasi. 

Para peneliti juga masih melakukan penelitian apakah dengan adanya beda waktu yang mencapai 4 menit ini akan membawa sebuah dampak yang signifikan atau tidak. 

4. Usia Bumi 
Siapa yang tahu berapa usia bumi saat ini ?.

Sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui umur bumi ini dilakukan dengan memadukan kedua batuan tertua di planet dan meteorit yang sebelumnya ditemukan di bumi. Dengan metode ini para peneliti dapat mengetahui bahwa usia bumi saat ini yaitu sekitar kurang lebih 4.540.000.000 atau sekitar 4.5 miliar tahun sudah usia bumi ini. Gimana ? masih mau ngerusak bumi kita yang makin tua ini ??

5. Tidak Bulat Seutuhnya

Kalau kita lihat sebuah bola dunia itu berbentuk bulat sempurna. Namun kita wajib mengetahui bahwa bumi itu tidak bulat sutuhnya. Aslinya bumi itu berbentuk bulat agak oval, sebuah bulatan yang tertekan agak ceper pada kutub-kutub yang menyebabkan bentuknya tidak bulat sempurna dan terlihat ada bagian yang buncit pada bagian katulistiwa. 

6. Ukuran Bumi Berbanding Matahari

Kalian tau nggak perbandingan ukuran bumi dan matahari ?.
Sebuah penelitian mencengangkan kita semua. Bahwa bumi ini sama sekali tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan matahari. Kenapa bisa dibilang seperti itu ?. ya karena ukuran matahari yang 1,3 juta kali lebih besar dari pada ukuran bumi. Bayangkan betapa besarnya matahari ini jika di sandingkan dengan bumi. Dengan begitu jarak antara matahari dan bumi juga jutan kilometer jauhnya. 

Itu dia beberapa fakta menarik tentang bumi yang jarang sekali diketahui orang. Demikian informasi yang disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita. Terimakasih sudah mau mampir. 

Komentar