Kasus Korupsi Terbesar di Dunia

Banyak sekali permasalahan yang kerap terjadi di suatu negara sehingga menyebabkan kerugian bagi negara tersebut salah satunya adalah yang biasa kita ketahui yaitu korupsi. Negara-negara besar dan maju pun tidak sedikit yang melakukan tindak korupsi. Jika kita berbicara mengenai politik memang tidak akan ada habisnya melahirkan para tikus-tikus kantor yang kotor dan bengal tersebut. Pemimpin suatu negara pun sepertinya juga tidak ingin kalah untuk mendapatkan uang yang begitu banyak, maka akhirnya mereka melakukan korupsi. Kasus korupsi terbesar di dunia sudah banyak terungkap. Kasus korupsi terbesar juga tidak hanya berasal dari negara yang berkembang tetapi juga ada yang berasal dari negara-negara maju. Berikut di blog ini akan disajikan informasi tentang kasus korupsi terbesar di dunia. 

1. Soeharto 
Image by : JPNN.com

Siapa yang sih yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini ?. Ya, pak Harto julukannya dengan kata-katanya "piye kabare ? enak jamanku toh ?","gimana kabarnya ? enakan jaman saya kan?", seperti itulah kiranya. Karena tingkah nya, Indonesia menjadi peringkat satu dalam kasus korupsi di dunia kala itu.

Selama menjabat sebagai presiden pada 1967-1998, pak Harto menempatkan keluarganya di kursi kementerian dan memberikan beberapa perusahaan besar untuk ditangani oleh anak-anaknya. Pak Harto melakukan tindak korupsi dengan jumlah yang tidak kecil, yakni sekitar 15-35 miliar USD, sungguh jumlah yang sangat fantastis. Itulah kenapa Indonesia menduduki peringkat satu kasus korupsi terbesar di dunia.

2. Jendral Xu Caihou
Image by : Global - Liputan6.com

Yang berikutnya datang dari negara yang mempunyai julukan negara tirai bambu. Jendral Xu Caihou mempunya harta haram yang berjumlah fantastis, saking banyaknya, dia mempunyai sebuah patung yang dilapisi emas 24 karat, sejumlah tumpukan kotak perhiasan. 

Sang Jendral tertangkap dengan barang bukti uang seberat lebih dari 1 ton yang ada di rumah nya. Jendral ini juga memiliki simpanan tersembunyi seperti permata.

Karena banyaknya uang yang dikorupsi oleh sang jendral maka sejumlah 12 truk dikerahkan untuk menampung semua harta yang berasal dari korupsi yang dia lakukan.

3. Sani Abacha
Image by : -

Pria yang menjabat sebagai presiden pada 1993-1998 ini berasal dari Nigeria. Negara yang merupakan bagian dari Afrika Barat yang sedang mengalami perang berkepanjangan saat itu dan membutuhkan dana yang sangat besar sebagai keperluan perang dan perekonomian negara. 

Tentunya sebagai presiden bisa diharapkan untuk memperbaiki perekonomian negara tersebut tapi siapa sangka, presiden yang telah dipercayai itu malah melakukan korupsi besar-besaran. Tidak tanggung tanggung, dana yang dikorupsi sebesar 2-5 miliar USD. 

4. Jayalalitha
Image by : The Indian Express

Jayalalitha adalah seorang gubernur Tamil Nadu, India, yang sudah di non-aktifkan karena kasus korupsi nya yang menyentuh angka fantastis, sehingga dirinya tercatat di puncak daftar sebagai orang paling korup di India. 

Tercatat sudah 46 terdakwa korupsi terhadap dirinya, seperti transaksi kasus aset yang tidak proporsional, penggelapan dana televisi, dan penipuan impor batu bara senilai USD 70 Juta.

India juga telah menyita barang-barang milik Jayalalitha seperti, emas sebesar 28 kg miliknya, 90 jam tangan mewah, 41 pendingin ruangan, dan masih banyak harta yang disita lainnya. 

Dalam melakukan aksinya, Jayalalitha dibantu oleh rekan kerjanya di kabinet dan birokrat senior.

5. Humberto Moreira
Image by : Alchetron.com

Humberto Moreira adalah seorang gubernur Coahuila, Meksiko yang di non-aktifkan karena tindakan korupsi nya yang sudah sangat keterlaluan. Akibat perilakunya, hutang negara meningkat dari USD 28 juta sampai USD 2,8 miliar yang setara dengan Rp. 362 triliun.

Karenanya, Meksiko mengalami krisis keuangan terburuk sepanjang sejarah. Karena kasus korupsinya, ia terpaksa harus mundur dari kursi gubernur nya dan kepala presiden partai.

Menurut merdeka.com, sejak moreira mundur, dia dan keluarganya pindah bersama ke lingkungan elit di Barcelona, Spanyol, dan mengambil gelar master di sana. 

Pengacara Moreira pun membantah klien nya terlibat kasus korupsi dan meminta agar Forbes segera mencabut namanya dari daftar 10 orang paling korup di Meksiko.

6. Pavlo Lazarenko
Image by : Alchetron.com

Pavlo Larazenko adalah seorang perdana menteri Ukraina. Keterlibatannya dalam kasus korupsi yang membuat negara sangat rugi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pavlo menganggap bahwa rakyat tidak akan mengetahui aksi korupsi nya, dia juga berpikir bahwa dengan menggunakan nama presiden sebagai pelindung dirinya. 

Parahnya, dalam kurun waktu satu tahun dari 1996-1997 dia sudah melakukan korupsi sebesar 114-200 juta USD, bisa dibayangkan jika dia menjabat lebih lama lagi, bisa-bisa negara yang dijualnya. 

Para pejabat tinggi negara-negara yang melakukan korupsi seakan tidak malu dan tidak takut untuk melakukan tindak korupsi. Mungkin yang dipikirkan nya hanya uang dan uang tanpa memikirkan hal yang selanjutnya akan terjadi. Walaupun praktek korupsi sudah sangat tersembunyi, pasti akan ketahuan juga, karena kejahatan pasti selalu meninggalkan jejak. Itulah informasi yang sudah disajikan oleh blog ini, semoga kita dapat mengambil pelajaran, sekian dan terimakasih. 

Komentar