6 Penyakit Paling Berbahaya Di Dunia

Siapa sih orang di dunia ini yang ingin dirinya sakit ? pasti tidak satupun ingin dirinya terkena penyakit, itu sebabnya mengapa kita harus menjaga kesehatan. Di dunia ini banyak sekali jenis penyakit paling berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit-penyakit ini  bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya, pola hidup yang tidak sehat, terjangkit kuman, bakteri, virus atau bahkan dari keturunan yang memang sangat susah untuk dihilangkan. Dari berbagai macam jenis penyakit yang paling berbahaya, di blog ini akan dirangkum beberapa penyakit paling berbahaya di dunia. Berikut ulasannya.

1. Penyakit Jantung
Penyakit paling mematikan yang pertama penyakit jantung. Ya, memang pada umumnya kita sudah mengenal penyakit jantung, penyakit yang sangat ditakuti oleh siapapun tak terkecuali para pengidap nya. Jumlah korban nya pun sudah sangat banyak bahkan sampai mengakibatkan kematian mendadak karena penyakit ini. Yang mengejutkan nya lagi, hasil laporan dari situs discovery menyebutkan bahwa 1 dari 100 orang di dunia ini sangat berpotensi terkena penyakit, artinya setiap ada 100 orang, di dalamnya terdapat satu orang yang mengidap penyakit paling berbahaya ini. 

Umumnya penyakit ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya, kolesterol tinggi, jarang olahraga, darah tinggi, dan tak jarang karena adanya faktor keturunan.

Untuk pencegahan nya bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahragalah yang teratur, jangan tidur larut malam, makan makanan yang bergizi dan teratur, bisa mengontrol emosi, melakukan meditasi dan masih banyak hal-hal positif lainnya guna pencegahan penyakit jantung ini.  

2. Stroke 
Stroke adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, semua orang mengakui itu. Stroke haruslah ditanggapi dengan cara serius karena sudah sangat banyak korban karena penyakit ini. 

Pada umumnya penyakit stroke ini disebabkan karena darah tinggi, karena tekanan darah yang sangat tinggi inilah mampu membuat fungsi saraf otak terganggu karena darah yang mengalir sampai ke otak tidak lancar atau tersumbat.

Tetapi tidak hanya disebabkan darah tinggi pula penyakit stroke bisa terjadi, bisa jadi karena kolesterol tinggi, jarang berolahraga, pola hidup yang tidak sehat dan keturunan.

3. Tuberkolusis (TBC)
Tuberkolusis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada paru-paru yang dapat menyebar ke organ lainnya. Penyakit ini pun dapat ditularkan oleh penderitanya jika kita berdekatan oleh penderita TBC. Penyakit berbahaya ini tidak memandang usia. 

Pada umumnya gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TBC ini adalah seperti demam, keringat berlebihan, penurunan berat badan, dan yang paling terlihat biasanya batuk berdarah. Jika anda memiliki tanda-tanda seperti ini, maka sebaiknya segeralah periksa ke dokter untuk penanganan lebih intensif dan bisa mencegah TBC. Lebih parahnya lagi, 1/3 populasi di dunia ini memiliki gejala penyakit TBC.

4. Diare
Diare tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, karena masuk dalam kategori penyakit paling berbahaya di dunia. Diare disebabkan karena feses yang mencair dan terjadi dalam kurun waktu yang terus menerus sampai setidaknya 3 kali dalam 1 hari. Pada umumnya, para penderita diare tidak memakan waktu lama untuk sembuh, namun dalam kasus yang parah, diare dapat bertahan selama seminggu.

Sebab kenapa penyakit ini menjadi salah satu yang paling berbahaya adalah diare yang berkepanjangan dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, berat badan menurun drastis, iritasi bahkan infeksi.

5. HIV/AIDS
HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus terjadi karena sistem imunitas kita yang terus melemah seiring berjalannya waktu. Saking tipisnya sistem imun kita, sangat mungkin terjadi kita terkena penyakit-penyakit lain dengan sangat mudah dan bahkan penyakit yang tidak berbahaya itu menjadi penyakit mematikan.

Penyakit ini bisa menular dengan beberapa cara diantaranya, sentuhan antar kulit ataupun memakai barang yang bekas dipakai oleh penderita, suntikan, hubungan seks, dan lain lain. Setiap tahunnya korban jiwa yang diakibatkan oleh penyakit ini mencapai 1,7 juta orang. Oleh sebab itu penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

6. Penyakit Paru-paru (PPOK)
PPOK adalah singkatan dari Paru-Paru Obstruktif Kronis, penyakit ini adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Penyakit ini terletak pada paru-paru yang secara otomatis dapat mengganggu proses pernapasan sehingga kita mengalami sesak dan sulit bernapas.

Penyebab utama dari penyakit PPOK ini adalah merokok. Seperti yang kita tau di dalam rokok memang banyak sekali zat yang berbahaya bagi tubuh terutama sistem pernapasan. Selain disebabkan karena asap rokok, polusi juga menjadi faktor utama terjangkit nya penyakit PPOK ini. Penyakit ini juga masuk dalam kategori penyakit paling mematikan di dunia.

Itulah 6 penyakit paling berbahaya di dunia. Intinya jika ingin hidup sehat, terapkan lah pola hidup yang sehat pula, seperti makan makanan yang sehat mengandung gizi dan teratur, berolahraga, melakukan meditasi, dengan begitu cara untuk mengurangi atau bahkan mencegah gejala-gejala penyakit tersebut dapat terwujud dengan baik. Demikian, dan terimakasih.

Komentar