6 Obat Tradisional yang Ampuh atasi Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan rasa sakit, nyeri atau linu pada daerah tertentu yang berada di sekitar gigi dan rahang akibat adanya kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Sakit gigi juga dapat di indikasi kan sebagai salah satu gejala ringan dari penyakit jantung atau stroke. Oleh karena itu kita patut waspada untuk masalah sakit gigi ini agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. 

Sakit gigi memang sangatlah mengganggu aktivitas keseharian kita. Maka tak heran jika kita mengalami sakit gigi, yang dirasa hanya pusing, mudah marah, dan tidak bisa berkonsentrasi atau memusatkan perhatian pada satu tujuan. Itu sebabnya perilaku mereka menjadi sedikit berubah.

Pada umumnya sakit gigi ini disebabkan karena banyaknya bakteri yang terdapat pada gigi yang lama kelamaan akan membuat gigi terkeropos dan menimbulkan lubang yang membuat rasa nyeri itu muncul. Tetapi tidak jarang juga sakit gigi yang disebabkan oleh gusi infeksi atau pembengkakan yang juga bisa membuat rasa nyeri dan sakit pada gigi semakin menjadi-jadi.

Untuk mengobati sakit gigi banyak sekali cara yang bisa kita lakukan mulai dari kumur-kumur menggunakan air hangat dicampur dengan garam. Namun selain dengan menggunakan campuran tersebut, bisa juga menggunakan berbagai macam obat-obatan tradisional yang tidak kalah ampuh dengan yang ber-merk. Untuk pengobatannya kita bisa menggunakannya secara rutin dan tidak berlebihan, karena akan lebih efektif dalam penanganan nya.

Berikut ini adalah beberapa macam obat-obatan tradisional yang ampuh mengatasi sakit gigi, berikut saya bagikan ulasannya.

1. Daun Sirih dan Cengkeh
 
Image by : 

Daun Sirih dan cengkeh memang dipercaya dapat mengobati sakit gigi. Sifat anastesi dan analgesik yang terkandung didalamnya dapat membuat rasa sakit pada gigi mati. Ditambah sifat antiseptik dan antibakteri yang terkandung didalamnya dapat bermanfaat sebagai pencegahan terhadap infeksi pada busi atau akibat bakteri dan kuman pada gigi. Cengkeh sendiri memiliki khasiat yang juga bisa menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Cara pengobatan : cara pengobatan menggunakan kedua bahan ini cukup mudah. Rebus kedua bahan, kemudian air hasil rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur beberapa kali. Lakukan dengan rutin dan jangan berlebihan. 

2. Bawang Putih
Image by : Tips Sehat

Bawang putih ternyata selain bisa digunakan sebagai bumbu dalam masakan juga bisa sebagai obat sakit gigi. Bawang putih terdapat anti septik yang dapat menghalangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada gigi.

Cara pengobatan : untuk cara pengobatan nya juga tidaklah sulit, bagi kalian yang tidak ingin repot-repot bisa gunakan bawang putih sebagai obatnya, dengan mencuci bawang putih hingga bersih setelah itu kunyah lah beberapa saat lalu buang dengan begitu bakteri penyebab timbulnya rasa sakit akan punah sendirinya.

3.  Daun Jambu Biji
Image by : ManfaatBuah.org

Daun jambu biji memang sudah terkenal untuk mengobati sakit gigi, daun ini bisa kita dapatkan dengan mudah. Daun jambu biji juga memiliki kandungan seperti anti peradangan, anti mikroba dan anti nyeri yang hebat guna untuk menghalangi pertumbuhan bakteri atau kuman. 

Cara pengobatan : Mengunyah daun jambu biji secara halus dan biarkan cairan dalam jambu biji keluar sampai membuat rasa sakit hilang, walaupun rasanya yang pahit, tetapi rasa sakit pada gigi akan hilang dalam waktu yang sangat singkat.

4. Daun Peppermint
Image by : www.madiunpos.com

Daun peppermint dipercaya sebagai obat sakit gigi yang sangat efektif. Tanaman ini mengandung anastesi yang dapat meringankan rasa sakit pada gigi. Serta menghambat pertumbuhan bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit gigi. 

Cara pengobatan : Gosokan atau tempelkan sedikit minyak peppermint pada daerah yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas mulut anda dengan air garam yang hangat.

5. Getah Tanaman Jarak
Image by : Khasiat Daun Alami

Obat sakit gigi selanjutnya adalah getah daun jarak. Selain dapat mengobati rasa kembung pada balita, obat ini juga sangat mujarab untuk pengobatan sakit gigi.

Cara oengobatan : ambil daun jarak secukupnya, cuci daun tersebut hingga bersih, lalu getah pada daun itu bisa dioleskan ke bagian gigi yang berlubang.

6. Cabe Rawit 
Image by : Probisnis.Net

Rasanya yang pedas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta rasa pedas dan pecinta cabai. Bagi para pecinta cabai dan rasa pedas tentunya tidak lengkap jika makan tidak ditemani dengan cabai sebagai pelengkap hidangan dengan rasa pedasnya. Namun tahukah anda dibalik kenikmatan rasa pedas cabai, ternyata cabai juga bisa berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Jadi untuk kalian yang sedang mengalami sakit gigi dan menyukai rasa pedas, ini ibarat "samabil menyelam minum air".

Cara pengobatan : Cabai rawit dicuci bersih lalu diulek setelah itu dimasukan ke air panas, dibantu kapas, tempelkan air hangat campuran cabai itu ke bagian gigi anda yang sakit. 

Itulah beberapa macam obat tradisional yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tentunya dengan pemakaian bahan-bahan tersbut juga harus secara bijak tidak berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidaklah baik. Semoga informasi yang blog ini sajikan dapat bermanfaat, jaga kesehatan karena kesehatan mahal harganya. Sekian dan terimakasih. 

Komentar